Meet our founder

SNEAKLIN! “MAKE SHOES BRIGHTER THAN NEW”

Seperti kalian ketahui bahwa SNEAKLIN merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang jasa pencucian khusus sepatu yang diklaim sebagai pionir dari jasa laundry sepatu PERTAMA di Indonesia. Suatu kesuksesan dalam menjalankan bisnis pasti tidak lepas dari sosok “siapa” yang menjalankannya, dan sosok yang menjalankan peran penting dalam mencapai kesuksesan Sneaklin adalah Refaldy Fauzi dan Dwi Rekta Ramadhan.

SIAPA SIH FOUNDER DARI SNEAKLIN?

Selama ini mungkin belum banyak orang tahu bahwa Sneaklin dibangun oleh 2 orang yang memiliki passion terhadap sneakers yaitu Refaldy Fauzi yang biasa dipanggil Adjo dan Dwi Rekta Ramadhan yang biasa dipanggil Rekta. Mari kita mengetahui satu persatu Founder dari Sneaklin secara lebih dekat!

Refaldy Fauzi atau agar lebih akrab disebut Adjo merupakan mahasiswa yang kini sedang meneruskan studi magister di Universitas Padjajaran. Sebagai pengusaha, Adjo merupakan pribadi yang memiliki tekad yang kuat dalam menjalankan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya. Adjo beranggapan bahwa dalam melakukan sesuatu perlu dibarengi dengan usaha yang maksimal, sehingga mencapai hasil yang sesuai dengan harapan, sempurna, dan bahkan jauh melebihi ekspektasi.

Selain Adjo, ada sosok Dwi Rekta Ramadhan atau Rekta yang sama-sama berjuang dalam membangun Sneaklin. Rekta yang merupakan teman di kampus yang sama dengan Adjo pada saat itu pernah mencoba menjalankan bisnis menjual keripik pedas dengan merek yang berbeda, yaitu “Keripik Cihuy” dan “Keripik Sijambang”. Tetapi perjalanan bisnis dengan menjual produk makanan tersebut tidak semulus perjalanan bisnis dari Sneaklin yang sudah dijalani kurang lebih 4 tahun ini.

Rekta merupakan pribadi yang memiliki passion yang besar terhadap Sneakers. Rekta memiliki penilaian bahwa secara tidak sadar, Sneakers dapat dikatakan sebagai kebutuhan hidup yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dari dirinya. Rekta merasa sneakers secara tidak langsung juga memerankan peran dalam setiap langkah positif yang ia jalani.

Seiring dengan berjalannya waktu, Adjo dan Rekta semakin mengetahui karakter masing-masing secara mendalam. Adjo yang pada saat itu memilih Rekta sebagai partner bisnis, saling berkeyakinan bahwa visi misi dan passion yang sama dari pribadi mereka berdua merupakan modal awal yang bagus jika dijalankan sebaik-baiknya, sehingga Sneaklin tidak hanya memenuhi kebutuhan financial dari mereka, tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk konsumen serta masyarakat umum.

REKTA: ADJO ITU SUPEL DAN MUDAH BERGAUL!

Rekta dan Adjo saling mengenal ketika duduk di bangku kuliah saat menginjak semester 4. Rekta dan Adjo juga sama-sama menjadi anggota dari sebuah kelompok mahasiswa yang memiliki passion untuk berbisnis. Rekta dipilih oleh Adjo untuk menjadi rekan dalam menjalankan bisnis bersama-sama, Selama 4 tahun mengenal, Rekta sudah memahami karakter dari Adjo yang dinilai memiliki karakter yang supel dan ramah, maka dari itu Adjo memiliki banyak teman karena pembawaan pribadinya yang mudah bergaul. Rekta merasa sudah menemukan jodoh saat ini, tetapi dengan arti lain bahwa jodoh itu bukan hanya teman hidup atau istri tapi rekan bisnis juga, dan Rekta merasa bahwa Adjo adalah jodoh nya dalam berbisnis.

ADJO : REKTA ITU INTROVERT DAN PEMALU!

Karakter dari kedua Founder disini ternyata berbanding terbalik! Terbukti dari penilaian Adjo terhadap Rekta bahwa Rekta merupakan pribadi yang pemalu dan introvert (tertutup). Hal tersebut tetapi bukan menjadi kendala dalam menjalankan sebuah bisnis, justru Adjo mencoba untuk saling melengkapi dengan kelebihan yang ia milikki dan menutupi segala kekurangan yang dimilikki Rekta dan begitupun sebaliknya. Selain itu, alasan menarik mengapa Adjo pada saat itu memilih Rekta sebagai partner bisnisnya adalah Rekta berstatus jomblo! Jomblo biasanya dinilai memiliki banyak waktu dan menjadi faktor pendukung juga agar lebih fokus dalam menjalankan bisnis.

KOK BISA KEPIKIRAN UNTUK MEMBANGUN SNEAKLIN?

Percaya gak percaya, membangun Sneaklin cukup dengan modal 100 ribu! Mungkin mindset kita ketika ingin memulai berbisnis beranggapan bahwa menjalankan sebuah bisnis perlu modal yang besar, tetapi anggapan itu tidak selamanya benar. Dengan berawal dari tugas mata kuliah kewirausahaan di salah satu kampus di Bandung yaitu Universitas Widyatama, Adjo dan Rekta mengembangkan perencanaan bisnis dari Sneaklin secara efektif hingga mencapai titik kesuksesan hingga saat ini. Widyatama juga dapat dikatakan sebagai saksi bisu dimana Adjo dan Rekta pada saat itu berjuang bersama-sama dengan selalu membawa tas besar berisi sepatu kotor dan sepatu bersih. 

SEPERTI APA SIH KAITAN SNEAKERS DENGAN SNEAKLIN?

Sesuai dengan arti dari nama Sneaklin yaitu “Sneakers yang Bersih”, tentu hubungan Sneaklin dengan Sneakers itu sangat berkaitan. Fenomena yang muncul pada awal tahun 2014 memunculkan trend dari sneakers yang semakin hype dan semakin berkembang . Pada saat itu juga muncul trend running shoes yang beralih fungsi dengan tidak hanya digunakan penggunanya untuk berolahraga saja, tapi digunakan juga untuk kegiatan sehari-hari. Sneakers kini sudah dapat dikatakan menjadi gaya hidup dan status sosial dari penggunanya.

Melihat fenomena tersebut tentunya bisa dijadikan sebuah peluang yang besar untuk Sneaklin, dimana Sneaklin tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kemajuan trend sepatu. Banyak orang mampu beli sepatu yg diinginkannya tetapi tidak banyak orang yang bisa dan mampu untuk membersihkannya. Disini tentunya ada simbiosis mutualisme antara pengguna sneaker dengan penyedia jasa pencucian sepatu.

SNEAKLIN MERUBAH PRIBADI FOUNDER!

Setelah menjalankan bisnis kurang lebih 4 tahun, ternyata banyak hal yang mengubah pribadi dari kedua Founder. Sneaklin melalui proses yang benar-benar dimulai dari nol hingga mencapai titik kesuksesan hingga sekarang. Hal tersebut sangat dihargai Founder, karena mereka sadar bahwa segala sesuatu yang berhasil itu butuh proses seiring dengan berjalannya waktu. Founder menilai jika proses tidak akan mengkhianati hasil, hasil yang terbaik adalah bonus dari kerja keras dan usaha dalam menghargai waktu dengan menikmati segala proses yang dijalani dengan dibarengi usaha yang maksimal.

Selain itu, Sneaklin juga secara tidak langsung mengubah pribadi Founder yang kini menjadi lebih peduli dengan kebersihan. Tidak hanya dari kebersihan sepatu, tetapi dalam hal apapun. Founder kini memiliki kesadaran bahwa kebersihan dan kerapihan itu sangat penting untuk ditanamkan dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari.

SNEAKLIN MEMBERIKAN KESAN BAGI FOUNDER!

Kini, Sneaklin sudah memiliki banyak cabang franchise yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan kesuksesan Sneaklin dalam mengembangkan bisnis, Founder menganggap franchisor bukan hanya merupakan partner bisnis, tetapi sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga. Pencapaian lainnya juga dalam ketika Founder berusaha untuk mengendalikan Sneaklin yang merupakan market leader dari jasa pencucian khusus sepatu di Indonesia. Founder beranggapan bahwa menjadi market leader itu seperti memegang stik dalam permainan, dan kita yang memegang kendali.

APA BENER.. SNEAKLIN PIONIR LAUNDRY SEPATU DI INDONESIA?

Kenapa bisa Sneaklin mengklaim sebagai pionir laundry sepatu di Indonesia? Hingga kini semakin banyak pesaing dengan bidang yang sama bermunculan di Indonesia. Tetapi hal tersebut bukan menjadi suatu kendala, justru Sneaklin semakin berusaha untuk menanamkan brand image kepada konsumen bahwa Sneaklin merupakan jasa pencucian khusus sepatu “paling pertama” di Indonesia sebelum banyaknya pesaing bermunculan. Faktanya, postingan pertama di akun Twitter dari Sneaklin di posting tepat pada bulan September di tahun 2013, sedangkan munculnya pesaing dengan usaha jasa pencucian khusus sepatu sejenis Sneaklin baru terlihat pada sekitaran tahun 2014.

APA HARAPAN FOUNDER PADA SNEAKLIN?

Pencapaian kesuksesan Sneaklin dapat dikatakan sebagai mimpi dari Founder yang terwujud. Tetapi segala pencapaian yang sudah didapatkan merupakan suatu hal yang perlu disyukuri, dipertahankan dan dikembangkan sehingga nantinya diharapkan bisa menghasilkan pencapaian yang lebih besar dan mapan dari sebelumnya. Inti dari kesuksesan Sneaklin adalah tidak hanya sebagai jasa pencucian khusus sepatu terbaik di Indonesia saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat dan dampak positif untuk konsumen hingga masyarakat umum.